DEATH NIGHT

Jumat, 16 Desember 2011

Tugas 3 (Teori organisasi umum 1)

#Pengertian Komunikasi Unsur-unsur Komunikasi Bagaimana menyalurkan ide melalui konunikasi. Hambatan-hambatan komunikasi

  Komunikasi adalah  Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi,
 Unsur-Unsur komunikasi ,diantaranya 
  1. Pengirim pesan (komunikator).
  2. Penerima pesan (komunikan).
  3. Pesan itu sendiri.
   Cara melanyurkan ide komunikasi ,yaitu dengan cara berinteraksi kepada lawan bicara ,bisa secara langsung ataupun melalui perantara lain .

     Hambatan - hambatan komunikasi contohnya :

  1. hambatan symbol : tidak semua orang mengetahui symbol apa yang kita ketahui
  2. hambatan pesan   : misalakan si penerima pesan kurang begitu jelas dengan apa yg disampaikan secara tidak langsung.
  3. hambatan media   : contohnya ganguan radio yang menyebabkan komunikasinya tidak jelas dan lancar.

#Klasifikasi komunikasi dalam organisasi
     Klasifikasi Komunikasi Interpersonal
Redding yang dikutip Muhammad (2004, p. 159-160) mengembangkan klasifikasi komunikasi interpersonal menjadi interaksi intim, percakapan sosial, interogasi atau pemeriksaan dan wawancara.
a. Interaksi intim termasuk komunikasi di antara teman baik, anggota famili, dan orang-orang yang sudah mempunyai ikatan emosional yang kuat.
b. Percakapan sosial adalah interaksi untuk menyenangkan seseorang secara sederhana. Tipe komunikasi tatap muka penting bagi pengembangan hubungan informal dalam organisasi. Misalnya dua orang atau lebih bersama-sama dan berbicara tentang perhatian, minat di luar organisasi seperti isu politik, teknologi dan lain sebagainya.
c. Interogasi atau pemeriksaan adalah interaksi antara seseorang yang ada dalam kontrol, yang meminta atau bahkan menuntut informasi dari yang lain. Misalnya seorang karyawan dituduh mengambil barang-barang organisasi maka atasannya akan menginterogasinya untuk mengetahui kebenarannya.
d) Wawancara adalah salah satu bentuk komunikasi interpersonal di mana dua orang terlibat dalam percakapan yang berupa tanya jawab. Misalnya atasan yang mewawancarai bawahannya untuk mencari informasi mengenai suatu pekerjaannya.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/komunikasi-interpersonal-definisi.html


#Faktor-faktor perubahan organisasi

Faktor internal adalah segala keseluruhan factor yang ada di dalam organisasi dimana factor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi.
Faktor eksternal adalah segala keseluruhan factor yang ada di luar organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa factor tersebut antara lain : Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber alam, Demografi dan sebagainya.

Dari perubahan tersebut tentunya akan berdampak pada beberapa perubahan dalam organisasi tersebut, seperti perubahan sifat organisasi. Untuk menangani masalah tersebut, haruslah organisasi tersebut menetapkan suatu tindakan atau kebijakan dan penyesuaian diri agar sifat organisasi yang sebelumnya tidak lenyap dan terganti.
Saat terjadi perubahan struktur organisasi, haruslah tetap berpegang teguh kepada prinsip bahwa struktur organisasi telah disusun dan di tetapkan dengan tujuan memberikan suatu gambaran tentang berbagai hal dalam organisasi tersebut.
Dalam melakukan perubahan dalam suatu organisasi umumnya tidak berjalan dengan begitu lancar karna terdapat beberapa hambatan dalam proses perubahan tersebut. Hambatan tersebut umumnya terjadi dari luar atau dari factor ekstenal.


 http://raitosun.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-perubahan-dan.html

#Type-type kepemimpinan 
    yaitu bisa di lihat dari cari dia memimpin ,mempunya sifat berani dalam mengambil keputusan,berjiwa pemimpin dan siap untuk menghadapi masalah dalam suatu kelompok ataupun yang lain nya.


#Teori kepemimpinan
     Teori KepemimpinanKepemimpinan berasal dari kata pimpin yang memuat dua hal pokok yaitu:pemimpin sebagai subjek, dan. yang dipimpin sebagai objek.Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur,menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi. Pemimpin mempunyaitanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilanaktivitas kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidakmudah dan tidak akan setiap orang mempunyai kesamaan di dalammenjalankan ke-pemimpinannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar